Bolanesia.id – Saya coba mengetik artikel ini untuk sharing dengan Anda tentang segala bentuk fisik pelatihan sepak bola untuk Anda, baik sebagai hobi maupun menjadi pemain profesional.

Pelatihan Sepak BolaPermainan sepak bola yang sekarang menjadi olahraga nomor satu di dunia adalah salah satu olahraga yang paling saya banggakan sebagai pencinta olahraga.

Sepak bola adalah olahraga yang membutuhkan banyak energi, dan daya tahan fisik yang kuat.

Pelatihan sepak bola untuk mejaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Dan agar kondisi fisik menjadi lebih bugar dan bisa bermain maksimal dalam pertandingan sepak bola.

Berikut adalah program latihan fisik yang dapat menjadi referensi Anda.

5 PELATIHAN SEPAK BOLA

1. KETAHANAN TUBUH

Daya tahan jantung dan darah (kardiovaskular) dapat dilatih dengan jogging dan gerakan lain yang sebagian besar bersifat aerob.

Biasakan diri Anda untuk bisa berlari sekitar 40 hingga 60 menit dengan berbagai kecepatan yang bisa digabungkan.

Latihan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan daya tahan otot dan daya tahan kardiovaskular tubuh Anda.

Artinya, tubuh Anda dituntut untuk bergerak & berlari untuk jangka waktu yang lama tanpa mengalami lelah berlebih.

Tindak lanjut dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kecepatan, intensitas dan kualitas gerak, sehingga dapat mempengaruhi kekuatan stamina Anda di lapangan. Hingga akhirnya dapat melakukan pergerakan cepat dalam temp lama, konsisten dan stabil.

2. PELATIHAN KEKUATAN

Latihan beban ternyata terbukti efektif meningkatkan kekuatan fisik.

Latihan ini dimulai melakukan push up, pull up, back up, squat jumps dan squatrush . Kemudian lanjutkan dengan proses latihan menggunakan bobot aktual.

Peringatan, harap tidak melompat-lompat di lantai keras karena dapat berakibat cedera pada tulang.

3. PELATIHAN KECEPATAN

Dalam dunia olahraga, terutama dalam sepak bola, kecepatan adalah salah satu hal terpenting yang harus dimiliki seorang pemain. Karena pemain dituntut untuk bisa bergerak cepat tanpa kehilangan keseimbangan.

Bentuk latihan yang bisa Anda lakukan adalah salah satunya lari bolak-balik dengan jarak 6 kilometer.

Kualitas pelatihan Anda perlu ditingkatkan dengan menambahkan bobot dan hambatan.

Selain itu, melakukan sprint intensitas tinggi ternyata efektif untuk diterapkan dalam pelatihan fisik.

4. LATIHAN FLEKSIBILITAS

Sebagai pemain sepakbola profesional, tentu saja dituntut untuk lebih fleksibel agar bisa bergerak cepat untuk mengubah arah dan berbalik ketika bermain sepak bola.
Selain itu, fleksibilitas memengaruhi pencegahan cedera pada persendian dan otot.
Program pelatihan fleksibilitas yang dapat Anda terapkan adalah dengan melakukan peregangan dengan benar. Di antaranya adalah melalui cium lutut, sikap lilin, dan lainnya.

5. JAGA NUTRISI

Setelah Anda melakukan berbagai bentuk latihan fisik, yang terpenting adalah selalu menjaga asupan gizi.

Karena dengan mempertahankan asupan yang masuk ke dalam tubuh, itu dapat mengoptimalkan energi Anda dalam bermain sepak bola atau dalam pertandingan nyata.

Selain asupan, pola dan porsi Anda juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Umumnya, pemain sepak bola harus mengonsumsi lebih banyak karbohidrat. Disarankan bagi Anda untuk minum air yang mengandung rehidrasi agar lebih mudah bagi Anda untuk mencerna karbohidrat sehingga lebih cepat.

Sekarang, itulah beberapa program pelatihan yang dapat Anda lakukan untuk sebagai hobi atau sampai dengan menjadi pemain sepak bola profesional.

Jika menurut Anda informasi ini berguna, saya sangat berterima kasih jika Anda ingin membagikannya dengan teman-teman Anda dengan mengklik tombol bagikan.
Yuk tulis pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ini.
Terima kasih

Leave a Reply